Rabu, 02 November 2011

Lele Pancingan (Besar)

Ikan lele bukanlah ikan sembarangan, semua makhluk tercipta saling melengkapi saya yakin itu. Coba saja apabila cacing tanah tidak ada, mungkin sawah-sawah tidak akan subur, tidak ada budidaya cacing dan banyak orang nantinya tidak mempunyai pekerjaan dari cacing tersebut dan masih banyak lagi. Kita kenal lele adalah hewan yang mudah beradaptasi tetapi jangan dianggap gampang sampai-sampai meremehkannya sehingga hasil dari panenan Anda nanti bisa "meremehkan'' Anda.

       Banyak jenis lele, tetapi sekarang yang dibahas yaitu jenis yang didasarkan pada ukurannya yaitu lele pancingan/besar, lele ini berukuran lebih besar dari lele konsumsi yang umumnya 7-9 ekor/kg, tetapi lele pancingan ini berisi 1-6 ekor/kg atau beratnya bisa lebih dari 1 kg per ekor. Kenapa bisa terdapat lele pancingan? Ini biasanya karena pertumbuhannya terlalu cepat faktor gen, pemberian pakan berlebihan sehingga banyak lele yang oversize, dalam hal ini pembesaran lele konsumsi melebihi ukurannya sehingga terjadi sedemikian akibatnya lele tidak ikut terjual namun bisa kita jual ke pemancingan. Biasanya untuk kolam pemancingan sendiri butuh lele ukuran minimal 8 ons/ekor sehingga apabila kita punya lele isi 6 ekor/kg harus kita besarkan lagi sehingga bisa memenuhi target ukuran. Tetapi dalam pembesaran tingkat lanjut ini benar-benar harus diperhatikan karena bila sampai lele terkena penyakit dan mengakibatkan kematian maka kita akan lebih merasakan ruginya, sebagai contoh bila lele sudah berukuran 5 ons dengan harga Rp10.000/kg, otomatis jika lele mati hanya sebuah kita rugi Rp5.000 dan seterusnya, tetapi jangan patah semangat dulu untuk membudidayakannya karena jika kita panen hasilnya bahkan bisa melebihi hasil yang didapat dari panen lele konsumsi. Sebut saja harga pelet Rp7.000/kg, dari pelet akan terkonversi menjadi daging dengan harga Rp10.000/kg, hitung dihitung sudah untung kotor Rp3.000/kg, daripada pelet menjadi jamuran karena terlalu lama di gundang akan lebih produktif jika terkonversi menjadi daging.


Artikel Terkait:

2 komentar:

  1. visit http://www.jatenfish.com/

    permisi gan izin gabung

    BalasHapus
  2. Beternak lele sangat menyenangkan. Dan tidak membutuhkan modal yg terlalu besar. Kami menjual lele utk konsumsi dan utk pemancingan. Lokasi kolam di Babadan, Gedongkuning, Jogja. Harga per kg Rp. 13.500,-
    Stock yang ada -/+ 5 - 6 kuintal. Jika anda berminat hub Alif 02746611399. Terimakasih

    BalasHapus

Terima kasih