Jumat, 24 Juni 2011

Padat Tebar Rendah

Apa dasarnya Anda dalam menentukan banyak sedikitnya bibit yang akan ditebar dalam suatu kolam? Apakah luas kolam atau bahkan volume air kolam? Tidak masalah dengan hal itu, sah-sah saja apapun yang menjadikan dasarnya karena memang itulah yang dipilih. Karena saya juga begitu tidak pasti dalam menentukan berapa ribu bibit lele yang akan saya tebar, bisa 5000-10,000 bibit tidak menentu. Selain itu faktor hasil panen dalam suatu kolam juga bisa menjadi patokan, kalau hasilnya baik bisa lebih ditambahkan nantinya banyaknya bibit sehingga nanti Anda bisa mengetahui mana-mana kolam yang baik dan yang kurang baik.

       Dalam tulisan ini saya akan membahas sedikit tentang padat tebar rendah, yaitu tebaran bibit yang terlalu sedikit dalam suatu kolam. Di sini bertemu lagi dengan atas dasar apa bisa menyebutnya sedikit. Dasarnya adalah pengalaman saya dalam menentukan banyaknya tebaran bibit, sebut saja 100/m2 dan sekitar itu termasuk padat tebar rendah dikarenakan saya belum pernah menerapkannya alasannya karena memang belum maksimal, karena nantinya setiap kolam kita perhatikan, dipantau, dibersihkan yang menjadi satu dalam yang namanya perawatan kolam. Coba Anda pikirkan intensif mana bus berkapasitas 50 penumpang yang diisi dengan 10 orang dengan 40 orang di mana nantinya biaya yang dilakukan sama begitu juga dengan kolam yang Anda punya. Jadi menurut saya maksimalkan apa yang Anda miliki dalam budidaya lele, tidak harus dalam penebaran bibit tetapi lele Anda juga butuh vitamin lebih untuk pertumbuhannya, nantinya kalau lelenya sehat-sehat bukankah yang tersenyum juga Anda?


Artikel Terkait:

4 komentar:

  1. vitaminnya apa aja yang digunakan Mas Bro?

    BalasHapus
  2. Ada banyak dijual luas di toko-toko pakan ikan, saya tidak menentu masih mencoba-coba

    BalasHapus
  3. So menurut Mas Zaki pribadi, tebar bibit berapa yang dirasa paling efektif dan efisien ?

    BalasHapus
  4. Kalau saya bergantung pada kolamnya, biasanya saya coba sampai ketemu yang cocok karena setiap kolam walaupun sejenis atau bersebelahan berbeda karakter.

    BalasHapus

Terima kasih